Senin, 12 Juni 2017

Tips Shoot Yang Baik

Tips-Tips Shoot Yang Baik
Halo Teman-teman pada update kali kami akan membagikan tips shooting yang baik dan benar bagi pemula. Ada sebuah ungkapan yang berbunyi,"Every pro was once an amateur". Ungkapan tersebut memiliki makna bahwa semua orang yang sudah profesional pada bidang apapun, pada mulanya mereka adalah seorang amatir. karena itulah kita tidak perlu malu untuk mempelajari hal yang belum kita pahami atau ketahui tentang shooting

1. RTFM
Pelajari bagian kecepatan shutter speed, kemudian coba untuk mengambil gambar didalam dan diluar ruangan, coba pelajari menu-menu yang ada dalam kamera Anda. Sebagai langkah awal Anda bisa membaca buku panduan manualnya sebanyak 2 kali, agar Anda lebih mudah untuk memahami pengoprasiannya.



2. Persiapan
Kita harus memiliki tahap perencanaan. Sedikit persiapan tidak sama dengan yang tidak ada persiapan sama sekali. Ada baiknya untuk memiliki pikiran yang telah ditetapkan tentang apa yang akan Anda shooting. Miliki sebuah gagasan tentang bagaimana aliran video secara umum.





3. Hindari Zooming In dan Out Terlalu Banyak
Digital camcorder saat ini banyak diproduksi dengan fitur super duper 1000x zoom in dan zoom out. Ini adalah hal yang baik, tapi masalahnya adalah, banyak orang terbawa untuk menggunakan fitur ini tanpa mengetahui apa titik lemahnya fitur ini. Gunakanlah fitur memperbesar dan memperkecil ini seminimal mungkin. Bahkan jika Anda harus menggunakannya, lakukanlah secara perlahan-lahan. Menggunakan fitur ini dengan lambat jauh lebih profesional dibandingkan Anda menggunakan zoom dengan cepat.

4. Gunakan Tripod
Pada kebanyakan Video buatan sendiri akan terlihat goyang gambarnya, dan itu sangat tidak enak untuk dilihat. Dan untuk mengatasi itu Anda membutuhkan sebuah Tripod untuk menyangga kamera Anda tetap tenang dan tidak goyang sewaktu Anda melakukan pengambilan gambar.




5. Posisikan Pengambilan Gambar dengan Baik
Kameramen yang buruk adalah Dia yang malas berpindah-pindah tempat. Bergeraklah, geser badan Anda arahkan tembakan Video yang paling bersih tanpa halangan apapun. Carilah posisi angle shoot terbaik menurut Anda. Memiliki beberapa gambar di berbagai sudut. Bahkan Anda bisa mendapatkan lebih banyak pilihan yang dapat Anda miliki. Jika rekaman gagal, tembakan sudut yang lain dapat menutupi untuk itu. Usahakan jangan bergeser pada waktu kamera masih bekerja (RECORD).

6. Normal Angle
Pada posisi normal angle, kamera ditempatkan kira-kira setinggi mata subyek. Tentu saja normal angle sangat tergantung pada tinggi subyek yang di shooting. Bila kita merekam kelompok anak-anak kecil yang sedang bermain, normal angle untuk orang dewasa tentu saja terlalu tinggi, maka kamera harus diturunkan setinggi mata anak.



7. Short & Simple
Jangan pernah men-shoot klip video lebih dari dua menit. Ini bisa membuat penonton jadi bosan.Gunakanlah klip-klip pendek berdurasi 10 sampai 20 detik jauh lebih efektif.



8. Hindari Backlight
Jangan memaksakan melawan cahaya, Hindari cahaya kuat didepan Anda, Anda harus membelakangi sumber cahaya, bila memang terpaksa Anda harus melawannya dengan menggunakan lighting / pencahayaan lampu, Anda juga bisa melakukannya dengan menggunakan reflektor, akan tetapi itu hanya digunakan untuk subyek dengan jarak yang dekat.




9. Pencahayaan
Anda perlu memiliki sistem pencahayaan sendiri untuk membantu kamera yang kita punya. Hal yang merusak video adalah pencahayaan yang buruk. Saya telah melihat beberapa video yang inovatif dirusak oleh pencahayaan yang buruk. perlu diingat bahwa menjaga daerah yang cukup terang sangat penting bagi keberhasilan shoot. Khususnya untuk pengambilan gambar didalam ruangan.



10. Check Sound
Tips ini mungkin tidak penting bagi pengguna rumah tangga. Tapi jika Anda seorang videografer yang profesional,Anda harus memiliki mikrofon yang terpasang pada camcorder Anda. Mikrofon adalah alat penting agar suara menghasilkan kualitas audio yang lebih baik. Ingat, suara mengatakan hampir setengah dari apa yang ingin Anda gambarkan didalam Video Anda.



Nah, sekian dulu untuk saat ini dan nantikan untuk update selanjutnya...

Uploaded By Haris HR.
Material By Ngotinggo J.

Referensi : http://ririsaci.com/belajar-videografi-tips-sederhana-video-shooting-yang-baik-benar/


0 comments

Posting Komentar