Rabu, 08 Agustus 2018

Sejarah Perkembangan Internet Dari Awal Sampai Sekarang (Dari Tahun ke Tahun) Di Indonesia Maupun Di Dunia Terlengkap


     Sejarah internet di bawah ini dibagi jadi 14 bagian, tiap-tiap bagiannya dapat dijelaskan bersama lebih detil mengenai bermacam terobosan baru dalam histori pertumbuhan internet. 

  

Sejarah Internet dari Tahun ke Tahun


1. Tahun 1958
      ARPA (The Advanced Research Projects Agency) dibentuk atas inisiatif dari presiden Dwight D. Eisenhower. Satu tahun sebelumnya, pada 1957, Uni Soviet (sekarang Rusia) meluncurkan Sputnik, sebuah wahana luar angkasa yang merupakan objek buatan manusia yang diluncurkan ke orbit bumi. Pada masa itu, Sputnik merupakan sebuah kemajuan teknologi yang pesat bagi Uni Soviet.

         Amerika Serikat sesudah itu terasa tertinggal bersama kemajuan teknologi Rusia tersebut, maka dari itulah dibentuk ARPA yang misinya untuk tingkatkan pengetahuan pengetahuan dan teknologi AS. Jaringan komputer sesudah itu menjadi tidak benar satu sasaran ARPA. Sebetulnya, ARPA termasuk merupakan bagian dari Departemen Pertahanan AS. Sepuluh tahun kemudian, ARPA membentuk ARPANET bersama perlindungan dana sebesar US$19.800 yang diberikan oleh Departemen Pertahanan. 

2. Tahun 1961-1964
        Pada tahun 1961, seorang ilmuwan komputer berkebangsaan AS bernama Leonard Kleinrock juga menulis sebuah jurnal dengan judul “Information Flow in Large Communication Nets” (Aliran Informasi dalam Jaringan Komunikasi Luas). Jurnal ilmiah yang berisikan tentang ARPANET ini kemudian menjadi asal mula internet. Jurnal yang dibuat oleh Kleinrock tersebut berisikan ide berupa prinsip untuk mentransmisikan data dalam porsi kecil (paket). Prinsip ini kemudian disederhanakan menjadi transfer data di dalam suatu jaringan komputer.

Selanjutnya pada tahun 1962, Paul Baran menyarankan agar transmisi data menggunakan pesan dengan ukuran yang tetap. Untuk hal ini, Baran mempublikasikan sebuah laporan berjudul “On Distributed Communications” (Dalam Distribusi Komunikasi), yang kemudian dilanjutkan oleh Leonard Kleinrock kembali pada tahun 1964 dengan mempublikasikan buku pertamanya mengenai paket net berjudul “Communication Nets : Stochastic Message Flow and Design”.

3. Tahun 1965-1967
       Pertama kalinya dua buah komputer yang terpisah didalam jarak yang jauh mampu saling terhubung. Lawrence G. Roberts dan Thimas Merrill menghubungkan dua buah komputer yang terdapat tiap-tiap di Massachusetts dan California bersama gunakan kabel telepon.

Terhubungnya dua komputer ini tidak lepas dari sponsor yang diberikan ARPA. Komputer yang dipakai adalah komputer TX-2 di MIT Lincoln Lab yang dihubungkan ke komputer AN/SFQ yang terdapat di Koorporasi Sistem Pengembangan di California. Dua komputer ini dihubungkan tepatnya bersama gunakan garis telepon 1200bps.

     Hasil dari percobaan ini sesudah itu menyebabkan orang memahami bahwa dua buah komputer yang terpisah mampu saling terhubung, mobilisasi program bersama-sama, dan saling bertukar data. Walaupun begitu, proses yang membuka karena jaringan telepon ini belum cukup praktis. Selanjutnya terhadap tahun 1966, Roberts berencana untuk membentuk ARPANET yang sesudah itu dipublikasikan terhadap tahun 1967. 

4. Tahun 1969
       Pada tahun 1969, ARPA meluncurkan jaringan komputer ARPANET. Namun sebelumnya, terhadap bulan Agustus 1968, Lawrence G. Roberts telah bekerjasama bersama sebuah komunitas yang dibiayai DARPA untuk memperbaiki struktur dan spesifikasi dari ARPANET. Saat itu, dikeluarkan sebuah RFQ (Request for Quotation) yang punya tujuan untuk mengembangkan salah satu komponen utama ARPANET, yaitu packet switch yang dikenal bersama IMP’s (Interface Message Processors).

RFQ ini lantas dimenangkan terhadap bulan Desember 1968 oleh grup Frank Heat. Kemudian secara keseluruhan ARPANET pun dikembangkan dari terasa topologi jaringannya hingga faktor ekonominya oleh grup ini bekerjasama bersama Roberts. Akhirnya, terhadap tahun 1969, satu tahun setelahnya, jaringan berikut dirasa telah pantas diluncurkan dan lantas diluncurkan bersama nama ARPANET. 

5. Tahun 1971-1972
        Sebelumnya terhadap th. 1970, sebuah grup peneliti jaringan yang berada di bawah pimpinan S. Crocker berhasil menyelesaikan proyek Host-to-Host, protokol ARPANET pertama, yang lantas dinamakan bersama NCP (Network Control Protocol). NCP ini lantas selesai diimplementasikan didalam website di ARPANET selama 1971-1972. Pengguna pun lantas merasa mengembangkan beragam macam aplikasi.

Pada th. 1971, histori terbentuk bersama pertama kali ditemukannya proses surat-menyurat secara elektronik. Orang yang pertama kali mengirimkan email adalah Ray Tomlinson, seorang programmer komputer. Email ini bertujuan untuk dirinya sendiri, yang dikirim ke sebuah pc yang terdapat di sebelah pc yang ia gunakan untuk mengirim email, dan membuka bersama ARPANET. Isi surat elektronik pertama itu tidak begitu menarik, sebab Tomlinson cuma mengetikkan “QWERTYUIOP” di didalam isinya. 

6. Tahun 1974
        Internet yang merupakan singkatan dari internetworking kemudian jadi arti yang digunakan untuk melukiskan jaringan komputer.Penggunaan arti internet ini pertama kali dipopulerkan oleh Vint Cerf dan Bob Kahn, didalam jurnal mereka yang bertemakan Transmission Control Protocol. Jurnal berikut kemudian dipublikasikan didalam judul “A Protocol dor Packet Network Interconnection”.

Mereka yang manfaatkan arti interconnection itu kemudian mengawali penyebutan internet sebagai jaringan komputer, dan karenanya Vint Cerf dan Bob Kahn sampai waktu ini dikenal bersama Bapak Internet dunia. Hal penting lainnya yang berjalan terhadap th. 1974 adalah terbentuknya koalisi Bolt, Beranet & Newman (BBN) yang jadi kontraktor untuk ARPANET. Kemudian terbentuklah Telenet dari ARPANET sebagai versi komersial yang melayani paket data pertama kali secara publik. 

7. Tahun 1976-1979
        Pada tahun ini, ethernet, jaringan LAN pertama diciptakan. Selain itu, Ratu Elizabeth II juga mengirimkan e mail pertamanya bersama mengfungsikan jaringan internet. Ratu Inggris terebut mengirimkan sebuah e mail dari Royal Signals plus Radar Establishment di Malvern. Pada tahun 1977, sesudah itu sudah terbentuk jaringan yang terdiri dari 111 komputer yang tergabung di dalam ARPANET.

Tiga tahun kemudian, terhadap 1979, terbentuk Usenet yang digunakan untuk menyiarkan berita dan group diskusi. Grup diskusi Usenet pertama kali dibikin oleh Jim Ellis, Steve Bellovin, dan Tom Truscott, yang merupakan alumni dari University of North Carolina AS. Dari titik ini, sesudah itu penggunaan Usenet semakin meningkat drastis. Selanjutnya terhadap awal tahun 1980-an, menjadi mewabah komputer privat yang jadi bagian dari kehidupan banyak manusia.

8. Tahun 1982-1983
         Dibentuk bahasa komunikasi basic protokol internet yang dikenal sebagai TCP/IP. Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP) merupakan sekelompok protokol yang berfungsi untuk sesuaikan komunukasi data, lebih-lebih di dalam sistem tukar-menukar information dari sebuah pc ke pc lainnya di di dalam suatu jaringan internet. Protokol TCP/IP sesudah itu dikembangkan untuk membentuk jaringan pc yang luas (Wide Area Network/ WAN)

Satu th. kemudian, terhadap 1983, terbentuk pula Domain Name System (DNS) bersama dengan nama-nama website yang berakhiran .edu, .gov, .org, .com, .net, .mil, dan .int. DNS ini tentunya mempermudah pengguna internet untuk mengingat alamat suatu website, mengingat pada mulanya desain alamat website merupakan alamat bersama dengan angka-angka yang cukup banyak jumlahnya, seperti bila 123.321.567.32. 

9. Tahun 1991-1992
           Teknologi dokumen hypertext merasa dikembangkan, yang dikenal sampai kini bersama nama WWW (World Wide Web). WWW sebenarnya udah merasa dikembangkan semenjak setahun sebelumya, yaitu terhadap 1990, oleh Tim Berners Lee, yang berhasil menemukan sebuah browser dan program editor untuk menjelajah di didalam komputer melalui jaringan. CERN sesudah itu jadi pihak yang pertama kali memperkenalkan WWW kepada publik.

Pada tahun 1991 juga, pertama kalinya virus komputer dapat didistribusikan melalui internet. Satu tahun setelahnya, terhadap 1992, pertama kalinya file atau dokumen didalam wujud audio dan video dapat didistribusikan melalui jaringan internet. Istilah “browsing” sesudah itu termasuk jadi terkenal terhadap tahun 1992. 

10. Tahun 1993
       Tahun ketika di di dalam internet disiarkan sebuah broadcast radio. Pada tahun 1993, jumlah banyaknya website di internet raih angka 600, dan pada kala itu White House di AS dan Perserikatan Bangsa-Bangsa udah punya websitenya sendiri. Nama domain yang pertama kali digunakan adalah .gov dan .org. 

Pada tahun ini juga, browser internet pertama dan mesin pencari pertama dibuat. Browser yang mampu diunduh secara bebas ini dikenal bersama dengan nama Mosaic. Walaupun begitu, memang Mosaic bukan browser pertama yang tercipta, cuma saja Mosaic diakui sebagai browser pertama yang mampu mempermudah akses internet bagi pengguna yang tetap awam pada teknologi komputer.

 11. Tahun 1994-1996
     Toko online pertama dibuat, mulai nampak bank virtual dan banner periklanan di internet. Beberapa diantaranya adalah Amazon.com, Craiglist, dan eBay. Selain itu, mulai nampak pula situs online dating, layaknya Match.com yang bertujuan untuk mencari pasangan lewat internet.

Yahoo!, salah satu penyedia layanan e-mail terbesar, juga dibentuk pada tahun ini oleh Jerry Yang dan David Filo, dua orang sarjana tehnik elektro di Stanford University. Awalnya, Yahoo! Belum dinamakan layaknya itu, melainkan dinamakan “Jerry plus David’s Guide to the World Wide Web”, namun kemudian pada 1995 perusahaan mengambil keputusan untuk mengganti namanya jadi Yahoo!.

Pada tahun 1996, berlangsung perang browser, terlebih pada dua pemain besarnya, Microsoft dan Netscape. Kedua perusahaan ini saling berkompetisi untuk beroleh lebih banyak pengguna browser yang mereka bentuk. Saat itu, Microsoft merupakan perusahaan yang memicu Internet Explorer, waktu Netscape mengupayakan menyainginya bersama dengan browser Navigator. 

12. Tahun 1999-2006
         Tahun pertama kali adanya percobaan untuk laksanakan sensor pada internet yang dilakukan oleh lebih dari satu negara. Di tahun ini juga, AOL membeli Netscape. Kemudian pengguna internet lebih mudah untuk laksanakan transfer file secara peer-to-peer, saat kelanjutannya Napster memasuki dunia internet. Napster membagikan berbagai macam musik lewat internet, yang kemudian pada tahun 2001 berdasarkan hukum ditutup gara-gara merugikan industri musik.

Pada tahun 2000, seperti berjalan ledakan jumlah web site bersama domain .com. WordPress sebagai platform blog pertama terlihat di tahun 2003. Tahun 2004 merupakan tahun dimulainya masa sosial sarana yang ditandai bersama Kedatangan Facebook di dunia maya. Satu tahun setelahnya, tahun 2005, diluncurkan YouTube.com yang hingga selagi ini tetap kondang sebagai web site penyedia berbagai macam video. Twitter sendiri baru terlihat pada tahun 2006. 

13. Tahun 2010
         Kru dari International Space Station (ISS) terima akses segera terhadap internet. Di tahun 2010 juga, Facebook udah meraih 400 juta pengguna aktif. Semakin banyak orang menggunakan fasilitas sosial tersebut.

Pada tahun 2010 termasuk ditandai bersama kemunculan Path, sebuah fasilitas sosial yang digunakan untuk sharing beraneka ragam hal, merasa dari check in di suatu tempat, foto-foto, status, lagu yang sedang didengarkan, dan lain sebagainya. Path nampak dari jerih payah Dave Morin yang menargetkan fasilitas sosial tersebut sanggup menjadi area tersendiri untuk sharing hal sederhana dalam kehidupan antar pengguna dan keluarga dan juga rekan terdekatnya.

Instagram dan Pinterest diluncurkan termasuk terhadap tahun 2010 juga. Instagram merupakan fasilitas sosial yang sampai waktu ini tetap konsisten berkembang bersama menyediakan fasilitas bagi penggunanya untuk saling sharing foto. Instagram didesain bersama wujud foto persegi, layaknya layaknya kamera polaroid dan kodak instamatik. Berbeda bersama pinterest yang lebih bebas dalam hal ukuran foto. 

14. Tahun 2011
       Menurut information dari Netcraft terhadap Juli 2011, terdapat jumlah situs melebihi 357 juta situs di didalam internet. Bahkan internet pun sudah dianggap sebagai hak warga negara di Finlandia, Estonia, dan Spanyol. Peluncuran iPad dan pc touch screen lainnya di th. pada mulanya mengakibatkan pengguna internet lebih nyaman didalam berselancar. Beberapa perihal mutlak yang termasuk berjalan terhadap th. 2011 pada lain :
  • LinkedIn meraih 100 juta pengguna.
  • Microsoft belanja Skype bersama dengan harga US$ 8.500.000.
  • Diluncurkannya Google+.
  • Terjadi revolusi Mesir yang sesudah itu mengakibatkan internet dilarang di negara tersebut sebab para pemuda mesir menyebarkan hashtag #Egypt dan #Jan25 di Twitter.
  • 15% dari remaja pengguna media sosial mengatakan bahwa mereka sudah jadi sasaran pembulian di internet.
  • 68% warga Amerika mengatakan bahwa internet punya efek besar bagi sebuah group untuk mampu saling berkomunikasi antar membernya.

Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia

     Di Indonesia sendiri, internet mulai berkembang pada th. 1980-an. Pada th. 1983, tercatat bahwa seorang pakar computer dan ekonomi bernama Joseph Luhukay adalah orang yang pertama kali sukses lakukan koneksi internet di Indonesia. Joseph Luhukay kemudian juga mengembangkan jaringan UINet di universitas Universitas Indonesia. Selanjutnya pada th. 1984, Joseph Luhukay secara resmi sukses menghubungkan jaringan internet Indonesia ke jaringan global, dan memadai membanggakan gara-gara Indonesia juga negara pertama Asia yang sukses lakukan hal ini.

Runutan peristiwa mengenai internet di atas mengacu pada disertasi punya Merlyna Lim yang dipertahankannya di Universitas Twente, Belanda. Disertasi selanjutnya berjudul “@rchipelago Online : The Internet plus Political Activism in Indonesia”. Dalam disertasi tersebut, Lin juga mengatakan bahwa terkandung sosok lain yang juga amat berpengaruh dalam jaringan internet di Indonesia, yakni Onno Purbo. Ia dan kawan-kawannya yang menyukai aktivitas radio amatir kemudian mengembangkan frekuensi radio untuk jadi jaringan internet pada th. 1993. 

Pada sementara itu, Telkom merupakan perusahaan yang memonopoli industri telekomunikasi di Indonesia. Onno dan teman-temannya mencari langkah lain berkomunikasi dengan lebih murah, supaya meneliti hal tersebut. Dari tangannya, lahir sejumlah artikel perihal tata langkah membangun jaringan telekomunikasi dengan ekonomis lewat internet. Selanjutnya pada September 1994, kesibukan yang awalannya merupakan hobi tersebut beralih ke ranah yang lebih komersil. Pada th. tersebut, berdiri ISP (Internet Service Provider) pertama di Indonesia yang dikelola oleh PT Indo Internet.

Mengikuti lahirnya PT Indo Internet, lantas jadi bermunculan pula sejumlah perusahaan ISP, seperti PT Rahardjasa Internet yang berdiri th. 1995, PT Pos Indonesia mengembangkan Wasantara Network pada th. 1996, serta IndosatNet dan Telkomnet berturut-turut masing-masing pada th. 1996 dan 1998. Menurut knowledge yang diberikan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, pada th. 1998, saat reformasi terjadi, tercatat ada kurang lebih 138.000 pelanggan ISP dengan 512.000 pengguna internet.

Walau cukup banyak jumlahnya, tetapi kemunculan ISP bukan merupakan aspek yang menjadikan internet tersebar secara luas di Indonesia, secara ISP cuma mampu diakses oleh kalangan spesifik di penduduk yang sudah mempunyai computer dan mampu dikatakan mampu membayar tagihan pulsa telepon. 

Menurut disertasi yang ditulis Lim, penyebaran akses internet di Indonesia sangat terpengaruh oleh menjamurnya warung Internet (warnet) yang terasa banyak ditemukan semenjak th. 1996. Masyarakat terasa mengenal internet dari warnet gara-gara cuma perlu membayar biaya koneksi per jam, tanpa perlu membeli sendiri pc dan membayar tagihan koneksi telepon di rumah.


Internet pada Saat Ini

Pada sementara ini, internet pasti tambah berkembang dan tambah banyak orang melek internet untuk mencukupi beraneka kehidupannya. Perkembangan internet sementara ini bisa dilihat dari lebih dari satu sisi, di antaranya dari kuantitas pengguna internet dan media sosial.

1. Pengguna Internet di Dunia
Internetworldstats.com merilis sebuah information pada 31 Maret 2017 yang menyatakan deskripsi pengguna internet di dunia. Indonesia terhitung dalam 5 besar negara bersama kuantitas pengguna internet terbesar. Negara-negara lainnya yang punyai pengguna internet lebih banyak dari Indonesia adalah China, India, AS, dan Brazil. Berikut information lengkapnya :
  • China : 731.434.547 pengguna
  • India : 462.124.989 pengguna
  • AS : 286.942.362 pengguna
  • Brazil : 139.111.185 pengguna
  • Indonesia : 132.700.000 pengguna

2. Media Sosial
Menurut laporan Tetra Pak Index 2017, tercatat ada kira-kira 132 juta pengguna internet di Indonesia pada tahun 2017. Sebanyak 40% dari seluruh pengguna internet berikut merupakan penikmat tempat sosial. Setiap bulannya,ada lebih dari 106 juta orang yang mengfungsikan tempat sosialnya dan 85% di antara pengguna medsos berikut mengfungsikan perangkat seluler smartphone.

Pengguna internet di Indonesia pasti tak lepas dari dominasi generasi millennial dan termasuk generasi Z, sebutan untuk generasi yang lahir di masa digital, sementara pemanfaatan smartphone sudah jadi anggota dari keseharian generasi tersebut.

3. Perkembangan Bisnis Online
Salah satu hal yang menarik untuk dicermati di dalam pertumbuhan internet sementara ini adalah meledaknya transaksi menjual membeli yang lebih dimudahkan melalui proses online. Pada awal tahun 2017 saja misalnya, Kemenkominfo membeberkan sebuah information yang menyatakan bahwa Indonesia merupakan negara eCommerce terbesar di Asia Pasifik, bersama jumlah transaksi online diperkirakan bertambah jadi US$ 4,89 miliar yang pada tahun di awalnya cuma US$ 3,56 miliar.


Penutup

Demikianlah histori internet dari tahun ke tahun, semenjak awalanya didirikan oleh Departemen Pertahanan AS, hingga kini banyak orang mengfungsikan internet yang mayoritas untuk mengakses tempat sosial, termasuk untuk jalankan transaksi jual-beli melalui internet.

Bahkan kini, untuk urusan transportasi pun orang lebih mengandalkan pemanfaatan aplikasi yang termasuk mengakses bersama jaringan internet. Selama perjalanan panjangnya, internet pun membawa dampak positif dan dampak negatif yang mau tak mau wajib dihadapi untuk terus melangkah maju ke depan.

0 comments

Posting Komentar