Rabu, 16 Januari 2019

5 Cara Menghasilkan Uang Melalui Fotografi

Fotografi tidak hanya asyik sebagai hobi, Anda juga bisa mendapatkan tambahan uang dari fotografi jika Anda tahu caranya. Dari menjual foto-foto Anda secara online, membantu fotografer profesional hingga bergabung dalam lomba foto, pelajari cara memperoleh uang melalui fotografi.

EOS Kiss X5, 18mm, f/6.3, 1/50sec, ISO800

1. Jual foto-foto Anda di pustaka gambar stok


     Jika Anda berpengalaman dalam fotografi dan mahir dalam genre tertentu (mis. potrait), pertimbangkan untuk menjual foto-foto Anda di website stok gambar  seperti Getty Images, Shutterstock, atau Stocksy. Agen periklanan, perusahaan, publikasi dan situs web menggunakan gambar stok untuk tujuan publisitas dan komersial, ini cara yang bagus bagi Anda untuk mendapatkan uang dengan cepat. Cukup kirimkan karya terbaik Anda untuk memastikan bahwa foto-foto Anda berkualitas untuk penggunaan komersial dan editorial.
Tampilan website GettyImages.com


2. Mulailah blog fotografi/saluran YouTube

     Buatlah blog fotografi atau saluran YouTube untuk membagikan pengetahuan Anda tentang fotografi. Jika Anda menciptakan konten yang cukup menarik (pikirkan kiat dan trik atau panduan singkat), Anda bisa memiliki banyak pengikut di media sosial. Hal ini bisa menghadirkan peluang iklan dengan brand, lokakarya fotografi, dan banyak lagi.
Youtuber Peter McKinnon, di channel youtubenya, Peter McKinnon biasanya membahas
photography atau videography.

3. Bergabung dalam lomba foto

     Ikut serta dalam beberapa lomba fotografi di wilayah Anda (mis. Nikon Photo Contest) agar lebih banyak terekspos dan memperluas lingkaran sosial fotografi Anda. Anda tidak akan pernah tahu siapa yang akan Anda temui, dan peluang apa yang dihadirkan oleh lomba tersebut dalam jangka panjang. Beberapa lomba bahkan mungkin menawarkan hadiah uang tunai atau produk untuk para pemenang!



4. Membantu fotografer profesional

     Ada banyak keuntungan menjadi asisten fotografer. Pertama, Anda mendapatkan pengalaman, dan diajari oleh fotografer profesional lebih baik daripada menonton video YouTube atau menjalani berbagai percobaan yang gagal. Kedua, Anda bisa memiliki portofolio yang kuat jika sang fotografer mengizinkan Anda memotret sesekali. Terakhir, sebagai seorang asisten, Anda mendapatkan uang atas pekerjaan Anda, dan mendapatkan kontak dari para klien dan orang-orang dalam industri ini.

Photography Assistant Behind the Scenes - Photo Proventure


5. Menjual sesi potret

     Banyak fotografer potret yang mengiklankan layanan merea seperti sesi potret secara online. Penawaran ini bagus untuk orang-orang yang ingin memiliki potret personal mereka, atau model amatir yang mencoba membuat portofolio mereka. Tetapkan tarif per jam atau biaya layanan per sesi. Jangan lupa untuk menyusun kontrak untuk melindungi kepentingan Anda.
EOS 650D, 50mm, f/1.8, 1/80sec, ISO1600
     Hal penting untuk diperhatikan sebelum Anda melanjutkan dengan kiat-kiat ini, Anda perlu menguasai keterampilan fotografi yang penting dan memiliki peralatan yang tepat untuk mengubah hobi ini menjadi bisnis. Lakukan praktik secara berkala untuk memastikan Anda menyempurnakan hasil karya Anda dan mintalah pendapat dari para rekan atau fotografer lainnya dalam industri ini.

0 comments

Posting Komentar